Tuesday, August 3, 2010

Blogshop Kompasiana 2010

 The Stage

Beberapa hari lalu gue dan beberapa teman dari deBlogger berkesempatan mendapatkan pelatihan Blogshop iB Kompasiana gratis di JIExpo Kemayoran. Tiba di lokasi cukup tepat waktu yang dianjurkan panitia walaupun agak heboh di jalan bareng Luvie dan mbak Isti dengan mengandalkan papan penunjuk arah di setiap ruas jalan. Lokasi memang sangat jauh dan mungkin agak susah untuk di akses dengan kendaraan umum tapi ruangan tempat diadakannya blogshop yahud banget belum lagi fasilitas wi fi yang sangat melesat. Akhirnya pasukan deBlogger resmi berkumpul Opa Iman, mbak Isti, Luvie, Om Brad dan diriku pastinya bersama dengan hampir 300 blogger yang punya antusias sama sama gue.
 suasana blogshop

Presentasi pertama dimulai dengan Iskandar Zulkarnaen yang memberikan materi tentang Citizen Jurnalism. Tanpa kita sadari Citizen Jurnalism sudah makin memasyarakat. Filcker, Facebook, Twitter, Youtube, Blog merupakan beberapa contoh nyata dari Citizen Jurnalism. Salah satu ciri khas dari Citizen Jurnalism adalah berupa live report dengan menggunakan gaya bahasa yang ringan dan menarik. Dan di akhir presentasi materinya Iskandar Zulkarnaen menambahkan kunci dari Citizen Jurnalism adalah Be Your Self.

Presentasi materi kedua tentang Fotografi yang diberikan oleh Gunadi Haryanto. Fotografi adalah media komunikasi visual dan unsur-unsur terpenting dalam fotografi itu adalah cahaya, objek, ide atau gagasan, komposisi fotografi, skill dan yang terakhir adalah alat atau kamera. Dengan menampilkan slide-slide foto yang lumayan bagus.

 Materi yang ketiga tentang Islamic Banking. Banyak yang kurang tau kalo bank syariah itu ternyata sudah ada dari 20 tahun lalu, dan ternyata selama 20 tahun tersebut baru memiliki nasabah sekitar 4,5 juta nasabah. Ciri khas dari bank syariah yang sudah ada sejak dulu adalah system bagi hasil kepada nasabahnya jadi bank syariah itu bebas bunga.

Mendekati jam makan siang ternyata pemberian materi tidak berhenti. Setelah presentasi dari iB Perbankan Syariah materi selanjutnya diberikan oleh Pepih Nugraha, salah satu wartawan Kompasiana ini memberikan materi tentang Kiat Menulis. Kunci keberhasilan dalam menulis adalah penasaran, skeptis dan adanya keingian untuk sharing. Sumber beritapun bisa siapa saja. Dan yang terpenting dalam sebuah penulisan selain beritanya itu sendiri adalah harus juga memperhatikan Ejaan Yang Disempurnakan.

Selesai dengan materi Kiat Menulis, peserta blogshop diberikan kesempatan mendatangi Indonesia International Motor Show 2010 (IIMS 2010) yang berada di JIExpo yang satu lokasi dengan acara blogshop. Menariknya selain kita diberikan kesempatan untuk melihat dan menikmati acara IIMS 2010 kita juga diharuskan untuk mengcapture apa saja yang menarik untuk bisa dijadikan berita dan bisa kita buatkan reportasenya untuk ditampilkan di Kompasiana. Sedikit foto hasil jalan-jalan di IIMS 2010

 mobil komodo produksi anak bangsa

 Ferari, baru tau ternyata mobil F1 ini besar loh 



 ini dia all new city Honda Jazz sponsor radio play 3 cinta

10 modem dibagikan di acara ini sebagai hadiah doorprize tapi sayangnya gak satu pun punggawa dari deBlogger yang dapat dan yang lebih ajaib gak ada kaum hawa yang berhasil keluar sebagai pemenang doorprize.
when deBlogger meet iBote 

Finally,terimakasih buat semua teman-teman bareng blogshop dan terimakasih Kompasiana untuk bagi-bagi ilmu dan keceriaan seharian di hari Minggu.

 sertifikasi halal :D

all bloggers

4 cerita:

indobrad said...

wah banyak yg menarik foto2nya.

btw blog-ku perasaan bukan .com deh belakangnya. hehehe

karenairma said...

foto mobil ane ambil pas bareng om brad sama om iman,nah yang lain diambil dari facebook yang ikutan kemaren...lupa ditulis punya siapa aja..:D
waduh salah ya?? maaaf nanti diperbaiki deh

ilhammi said...

hore ada foto saiia jg :D
hehehehe,,,
foto kita berdua gk di pajang nih..
wkwkwkwk..

karenairma said...

ilham foto kita cukup di fesbuk ajah itu juga banyak yang nanyain :D

Post a Comment