Tuesday, October 26, 2010

Arti nama

Walah,dateline akreditasi dan perintilannya memaksa saya harus hiatus sebulan lebih kemarin. Hari ini kangen berbagi cerita-cerita gak penting lagi di sini. Cerita ini berawal dari Facebook seorang teman yang iseng-iseng mengikuti aplikasi kuis dan jawabannya di tag di halaman saya.


William Shakespeare pernah bilang apalah arti sebuah nama,walaupun nama bunga mawar bukan mawar toh ia tetap sama harumnya.

Tapi tahu gak sih bahwa kita semua sadar pentingnya sebuah nama. Misalkan kita mau bertemu seseorang di sebuah perusahaan dan kita gak tau namanya besar kemungkinan kita dianggap buang-buang waktu. Atau kalo ada yang memanggil “eh eh” gitu pasti menyebalkan bukan?

Saya iseng-iseng saya bertanya ke Mbah Google tentang arti nama saya. Ini dia jawaban darinya, Irma dalam bahasa Yunani artinya adalah terhormat atau bangsawan. Dalam bahasa Jerman berarti sesuatu yang lengkap. Sedangkan dalam bahasa Teuktonik artinya Dewi Perang atau gadis yang berderajat tinggi,nah kalo yang ini gak tahu kenapa saya kok berasa seperti Cut Nyak Dien ya. Biarpun kata orang ini nama saya pasaran tapi nama Irma mempunyai arti dan maknanya luar biasa,jadi gak jarang orang tua yang menamai anaknya dengan nama Irma.
Akhirnya beberapa hari yang lalu saya bertanya pada ibu tentang arti nama saya. Irma Damayanty begitu orang tua saya menamai diri ini. Ibu bilang Irma itu artinya perempuan sedangkan Damayanty dibagi menjadi 2 yaitu damai dan yanty. Seperti halnya Irma,yanti juga berarti perempuan. Nah, Irma Damayanty berarti perempuan yang penuh kedamaian. Menurut yang saya tahu dan orang-orang bilang nama adalah doa dan begitulah doa kedua orang tua saya.

Setelah dipikir-pikir saya bertanya pada diri sendiri sudahkah saya mencerminkan arti nama saya di hidup saya. Saya ngerasanya sih damai-damai aja walaupun terkadang rusuh-rusuh sedikit mungkin efek dari arti dewi perang itu diperlukan sebagai penyeimbang.

Nah,teman apakah arti nama kalian? Masih berpikirkah kalo nama itu tidak penting? Jadi mulai sekarang bertanyalah tentang arti nama kamu dan sudahkah kamu mencerminkan arti dari nama kamu? 

8 cerita:

isti said...

Semoga selalu membawa kedamaian :D *halah!

Aris Sunawar said...

iya kaga pasaran
nama lo aneh pake Y sih bukan pake I :P

nama gua juga dari dewa perang.. #eh

Iman said...

Kalau nama saya menurut ibu sih beliau kepingin saya memiliki Iman seperti Nabi Sulaiman #eeeaaa

Efeknya malah nama saya tuh jadi sunda banget (diulang2 gitu) #tepokjidat

Nice posting :D

Anonymous said...

selamat sore mba irma :)

waw...membaca postingan ini saya jd semakin tahu bahwa nama irma ternyata memiliki banyak arti ya dan semuanya bagus ^^

saya pernah membaca arti nama irma disebuah buku nama2 mba dan artinya 'tegar atau kuat'
itu yg selama ini saya tahu,dan ternyata banyak jg arti lainnya ya.

Apalah artinya sebuah nama? saya kurang setuju dengan kalimat ini.... saya akan memberikan nama yg terbaik untuk anak2 saya,karena menurut saya nama itu adalah label,sebutan dan tentu saja harapan dan doa saya untuk anak2 saya.

saya pernah bertanya pada mama saya, nama saya itu aslinya irma susanti fitriyanti *ada yanti nya jg mba,kita sama lagi*

dulu menurut mama, mama gak tahu artinya nama irma tapi beliau dan papa saya memberi singkatan dgn nama irma. Irma menurut mereka adalah...Indahnya Rahmat Maha Agung....hemmm,luar biasa ya ortu saya memberi nama untuk putri sulungnya ini. sedangkan fitriyanti karna saya lahir tiga hari menjelang idul fitri.

Semoga saya bisa memenuhi harapan orang tua saya ya mba,...menjadi seseorang yang tegar misalnya :)

Saya akan ceritakan pada mama saya soal arti2 dari nama irma yg saya baca disini :)

makasih mba dan maaf jadi curcol nih....panjang bgt yak :p

karenairma said...

isti : amiin :)

aris : it's call with unique :D

opa iman : namanya khas sunda pisan kang :D

senja : arti nama kita bagus-bagus ya jeng..

Anonymous said...

wah, mbak.........
nama kita sama..
senengnya punya kembaran nama...
salam kenal ya, mbak.. hehehehehehe

irma said...

ternyata IRMA memiliki makna yang dalam :D

rouge266 said...

waahh nama qta samaa :)

Post a Comment