Monday, January 25, 2010

ada apa dengan para supporter itu?


Kemarin sore gue sempet nonton berita,mengenai kelakuan supporter salah satu klub besar di Indonesia, Persebaya, yup mereka adalah Bonek a.k.a Bondo nekat a.k.a modal nekat. Mereka datang ke Bandung demi menyemangati team Pesebaya melawan Persib yang juga punya supporter yang namanya The Viking. Diberita itu diberitakan bahwa Bonek melakukan tindakan-tindakan anarkis selama perjalanan menuju Bandung seperti, setiap pemberhentian di stasiun mereka menjarah para pedagang dan warung-warung yang sedang berjualan tanpa membayar dan merusak barang-barang yang dimiliki oleh pedagang (lemari kaca,meja,dsb). Mereka juga menaiki kereta di atas gerbong-gerbong kereta api dan pada saat kereta yang mereka tumpangi melintasi di Solo mereka menimpuki batu-batu kerumah-rumah warga sehingga mengakibatkan beberapa orang warga luka parah. Dan perbuatan mereka menimbulkan dendam bagi warga Solo sehingga pada saat mereka melewati Solo diperjalan pulang kereta mereka dilempari batu oleh banyak sekali orang yang sudah menunggu lewatnya kereta yang mereka tumpangi.
Kejadian seperti ini sebenarnya bukan cerita baru dalam dunia persepak bolaan tanah air,tapi kenapa pemerintah belum juga bisa menindak tegas kelakuan-kelakuan yang dilakukan oleh para supporter sepak bola tersebut??. Walaupun pemerintah Jakarta pernah melakukan sterilisasi terhadap Bonek di Jakarta waktu Persebaya melawan Persija tapi toh tetep aja terjadi kerusuhan.

Gak Cuma Bonek tapi ada juga The Viking yang mendukung Bandung dan juga kebanggaannya Persija The Jak’s Mania. Banyak korban yang ga Cuma luka-luka aja tapi sampai meninggal dunia,nah kalo udah kaya begitu siapa yang pantas untuk dipersalahkan??? Kenapa juga mereka harus rusuh sehingga mengakibatkan tawuran antar supporter lah wong yang pemainnya aja pada santai dan supportif kok??? Mungkin banyak alesan yang bisa mereka kasih buat membenarkan tindakan-tindakan mereka termasuk anarkisme. Jujur gue bukan orang yang ngikutin perkembangan persepak bolaan tanah air jadi gue ga tau siapa melawan siapa,siapa yang menang melawan siapa,ada diperingkat berapa klasemen,bla..bla..bla.. yang gue denger biasanya ya kalo pas ada berita bentrok antar supporternya.
Gue pernah nonton film judulnya Romeo Juliet versi sepak bola dimana salah satu The Jak’s jatuh cinta sama salah satu cewek The Viking (katanya ini film sih kontroversi,katanya juga peredaraannya juga sempet di tarik (hhhmmm oke sotoyisme nya keluar)). Ok, back to the movie, di film itu keliatan banget perjuangan mereka buat bersatu walaupun pada akhirnya mereka bisa menikah, toh cinta mereka ga sanggup buat meluluhkan hati 2 kubu tersebut dan mengakibatkan meninggallah sang cowok.
Yang gue bingung kalo mereka udah bisa buat kerusuhan,buat onar,melakukan tindakan anarkis terus dapet apa????? Puas bisa melukai orang?? Bangga bisa mecahin kaca-kaca mobil atau bus yang dinaikin supporter lawan??? Memangnya mereka pikir kalo team nya kalah mereka bisa dengan sesuka hati meluapan ekspresinya dengan melakukan tindakan-tindakan anarkis dan dianggap wajar??? Katanya dunia olah raga itu adalah dunia yang paling supportif,kalo kelakuannya pada kaya gitu apa masih bisa dibilang supportif???
Yang gue bingung lagi kenapa Bonek bisa akur-akur aja sama The Viking dan mereka berdua musuh banget sama The Jak’s???????

0 cerita:

Post a Comment