Sunday, February 7, 2010

The Kite Runner

Gue dapet buku ini di Gramedia,berkat rekomendasi seorang teman akhirnya gue memutuskan buat beli buku ini. The Kite Runner judul bukunya,buku ini terjual di lebih dari 8 negara di dunia dengan 42 bahasa terjemahan. Buku ini bukan Cuma bercerita tentang sebuah kejujuran tapi juga sebuah pengkhianatan,ga Cuma tentang ketakutan tetapi juga keberanian,ga Cuma tentang persahabatan tapi juga tentang seorang ayah.

Berlatar belakang Afganistan negeri indah yang kini menyimpan duka ,bercerita tentang sebuah persahabatan antara Amir dan Hasan yang akhirnya harus berakhir karena Amir telah mengkhianati Hasan, sahabat satu-satunya. Pada saat seharusnya Amir membantu Hasan seperti yang dilakukan Hasan,tapi Amir tidak,ia memiliki satu kesempatan terakhir untuk mengambil sebuah keputusan. Membantu Hasan atau melarikan diri. Dan dia memilih untuk melarikan diri. Rasa bersalah menghantuinya dan menyingkirkan seorang sahabat dari kehidupannya adalah pilihan yang sulit yang harus diambilnya. Dan banyak yang terjadi seiring berjalannya waktu sampai akhirnya dia harus berhadapan dengan masa lalunya dan kenangannya yang mewujud kembali.
Novel ini juga bercerita tentang seorang ayah yang akan melakukan apapun untuk anaknya hingga akhir hayatnya.

Menurut gue novel ini pantes ngedapetin 5 bintang, ide ceritanya bagus,pesan yang ingin disampaikan juga bagus. Pesan yang gue dapet begini,
  • kita ga akan pernah tau arti kehadiran seseorang di hidup kita sampai kita kehilangannya.
  • sahabat itu orang yang mau mengerti kita dan menerima apa adanya kita tanpa syarat,bahkan pada saat kita marah setengah idup sama dia,dia tetap mau ada buat kita.
  • Kesempatan itu Cuma dateng satu kali,jadi gunakan dengan sebaik-baiknya,karena kita ga pernah tau satu detik kemudian setelah kesempatan itu hilang.
  • Sekeras apapun seorang ayah,dia tetap ayah,yang punya cinta buat anak-anaknya walaupun terkadang dia ga tau cara menunjukannya.
  • Terkadang senyuman walaupun kecil adalah berarti segalanya
  • Dan memaafkan adalah perbuatan mulia. 
Quote-quote :
“sesuatu yang terjadi dalam beberapa hari,kadang-kadang bahkan dalam sehari,bisa mengubah keseluruhan jalan hidup seseoran.”
(Khaled Hosseeini)

“Datanglah,selalu ada jalan untuk kembali menuju kebaikan”

“Kalau kau membunuh seorang pria,kau mencuri kehidupannya, kau mencuri seorang suami dari istrinya,merampok seorang ayah dari anak-anaknya. Kalau kau berbohong,kau mencuri hak seseorang untuk mendapatkan kebenaran. Kalau kau berbuat curang,kau mencuri hak sesorang untuk mendapatkan keadilan.”

oiya buku ini juga udah filmnya,walaupun belum nonton tapi visualnya pasti bagus,maknanya pasti lebih berasa. Lah wong gue baca bukunya aja terasa baget feelnya.

Happy reading…

2 cerita:

dhodie said...

Saya paling suka sama kutipan:
"Untukmu, keseribu kalinya" .. buat saya, kata-kata ini dashyat banget efeknya.

Saya udah nonton dan baca bukunya, filmnya pun bagus meski tidak sedalam bukunya. Well recommended untuk dicari DVDnya hehe

karenairma said...

thanks udah mampir,kalo gue baru liat di you tube aja..belum nonton semuanya...nanti kalo ada waktu insyaAllah berburu dvdnya deh...:)

Post a Comment